Saturday

Cara Membersihkan Layar LCD Laptop

Filled under:

Cara membersihkan layar LCD laptop dengan aman | Sebenarnya ini bukan hanya untuk laptop, tetapi juga untuk semua screen jenis LCD dan LED untuk desktop dan TV. Jenis layar ini relatif agak sulit dibersihkan karena rentan terhadap goresan. Sekalipun sudah dilapisi dengan screen guard yang bagus, resiko kita malah menambah goresan ketika membersihkannya tetap ada. Padahal harganya relatif lebih mahal dibanding layar berjenis CRT. Layar memang mudah berdebu dan berminyak karena tangan yang menyentuhnya. Bagaimana cara membersihkan layar anda dengan aman? sumber: HTG

Mengapa membersihkan layar LCD/LED harus sangat hati-hati?

layar HDTVKetika anda membersihkan layar sembarangan, baik itu layar laptop, desktop, atau HDTV yang mahal itu, maka cuman soal waktu sebelum anda betul-betul merusaknya. Layar HDTV dan komputer generasi terbaru semakin bagus, cerah, bergambar tajam, dan semakin responsif dibanding yang sebelumnya. Ini juga berarti mereka semakin rapuh. Dibutuhkan teknologi tinggi untuk membuatnya. Dan jika anda menggunakan cairan pembersih yang keliru, maka sebentar saja layar anda akan kehilangan sebagian atau seluruh fitur unggulannya.
Kalau kita tahu, sebenarnya tidak mahal koga untuk membersihkan layar LCD/LED dengan aman untuk memperpanjang umur masa pakainya.

Apa yang biasanya anda lakukan untuk membersihkan layar?

Baca Apa Yang Tidak Boleh Ketika Membersihkan Layar LCD untuk memeriksa jika anda sudah melakukannya dengan benar.

Bagaimana cara aman membersihkan layar LCD/LED

Sebelum kita lanjut, layak diperhatikan, bahwa, cara terbaik untuk membersihkan layar adalah dengan menjaganya tetap bersih. Ini termasuk melatih diri anda sendiri untuk tidak menyentuh layar dengan apapun dan alasan apapun, melatih balita anda untuk mengerti bahwa layar laptop anda bukan layar sentuh seperti pada tablet-nya, memberi tahu anak anda bahwa tidak perlu melakukan tos (high five) dengan Sponge Bob di layar HDTV, dan memberitahu teman atau pasangan anda untuk berhenti mengetuk layar laptop dengan ujung jari atau pulpen hanya untuk menekankan maksudnya. Semakin sedikit layar laptop tersentuh semakin baik. Minyak dari kulit dan ketukan pada layar itu lebih berbahaya dari pada debu yang menempel padanya. Bukankah di dalam rumah yang paling bersih sekalipun bersih-bersih tetap harus dilakukan?
Lakukan seperti dibawah ini sampai selesai. Jika sudah selesai, hentikan, tidak perlu membersihkan bagian yang belum ada kotorannya, haha… maksudnya, ada sebagian orang yang membersihkan layar demi kepuasan, mengusap berkali-kali padahal sudah bersih. Bukan hanya tidak perlu, tapi juga tidak baik untuk layar anda.
Siapkan layar anda. Minimalnya matikan laptop atau TV anda, idealnya sih kabel power ke colokan listrik juga dilepas. Jangan membersihkan layar sebelum dia dingin. Membersihkan layar yang masih panas atau hangat (seperti pada layar plasma) membuat proses pembersihan menjadi lebih sulit dan jadi gampang merusakkannya.
Gunakan semprotan udara bertekanan untuk menghilangkan debu. Masih ingat bahwa kalau bisa bersihkan layar tanpa menyentuhnya kan?
Usap lembut layar anda dengan kain lembut yang kering. Jangan sembarang kain ya…. Yang paling bagus adalah kain untuk mengelap kaca mata. Jangan pakai kain lain dech.
Ketika menyapu layar, selalu upayakan untuk tidak membuat usapan memutar. Usap ke arah kanan-kiri atau atas-bawah. Gerakan memutar bisa membuat area tersebut mengalami tekanan lebih dibanding tempat lain. Tekanan lembut dan usapan pada daerah yang luas lebih aman.
Cek harga layar LCD/LED terbaru di Lazada.co.id

0 comments:

Post a Comment