Saturday

Review Spesifikasi Sony Xperia Z

Filled under:

SonyXperiaZ_1 

Smartphone yang ingin Gadgetan review berikut ini adalah Sony Xperia Z, smartphone yang memiliki sertifikat ketahanan militer IP55 dan IP57, yaitu ketahanan terhadap air dan debu. Perangkat ini pertama kali diperkenalkan secara global pada event CES 2013 di Las Vegas pada awal tahun 2013.

Sony Xperia Z sudah dijual di Indonesia sejak pertengahan Maret 2013 dan dibanderol dengan harga IDR 7,500,000. Sony Xperia Z menjadi salah satu smartphone premium berlayar 5-inci yang cukup menjadi favorit pengguna smartphone premium di Indonesia.

Gadgetan akan memberikan sedikit review dan hands on dari perangkat unggulan Sony di kuartal pertama 2013 ini kepada para pembaca Gadgetan. Simak uraian Gadgetan di bawah ini:
1. Spesifikasi

Sony Xperia Z memiliki layar berukuran 5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 p, berjalan dengan prosesor quad core 1,5 GHz Snapdragon S4 Pro, berbasis Android Jelly Bean, RAM 2GB, memori internal 16GB yang bisa diperluas dengan memori card SSD,  kamera 13 MP berteknologi Exmor RS, kamera depan 2MP, baterai 2.330 mAh, NFC dan konektivitas 4G LTE.
2. Hands On
Tampak Depan Sony Xperia Z
SonyXperiaZ_3
SonyXperiaZ_11
Tampilan depan Xperia Z, hampir sama seperti perangkat Android dari Sony lainnya. Hadir dengan OS Android 4.1.2 Jelly Bean dan perpaduan UI dari Sony membuat perangkat ini berjalan dengan baik. Anda juga bisa melihat tiga tombol navigasi utama di bagian bawah dan sebuah kamera depan 2MP pada bagian atas layar perangkat.
Tampak Belakang Xperia Z
SonyXperiaZ_22Pada bagian belakang perangkat, Anda bisa melihat ada sebuah kamera 13MP dengan flash yang disematkan di atas layar. Sampai saat ini, sebuah kamera 13MP masih menjadi resolusi yang terbesar yang tersematkan di sebuah smartphone.
Tampak Atas Xperia Z
SonyXperiaZ_19Pada bagian atas perangkat, ada sebuah port untuk headset, Anda harus membuka sebuah penutup plastik berlogo headset untuk bisa menemukan port tersebut. Penutup plastik tersebut bisa menjadi pelindung dari debu, namun cukup merepotkan ketika Anda harus membuka penutup tersebut setiap kali Anda ingin mendengarkan lagu.
Tampak Kiri Xperia Z
SonyXperiaZ_20
SonyXperiaZ_21Pada bagian kiri perangkat Xperia Z Anda bisa melihat 2 slot untuk charger dan kartu memori SSD. Selain itu, ada 2 konektor dok untuk masuk ke dalam aksesoris docking-nya.
Kedua slot tersebut juga memiliki pelindung plastik yang menurut kami cukup menyebalkan, mungkin tidak semua slot memerlukan pelindung, kecuali slot untuk kartu memori.
Tampak Kanan Xperia Z
SonyXperiaZ_17
SonyXperiaZ_18Pada bagian kanan perangkat Xperia Z, Anda bisa melihat tombol volume dan tombol Power. Slot untuk kartu SIM juga ada di bagian kanan perangkat, tepatnya di sebelah kanan tombol power.
3. Software
OS dan User Interface
SonyXperiaZ_4
SonyXperiaZ_2
Perangkat Sony Xperia Z hadir dengan dukungan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean dan mendapat user interface layaknya Android pada umumnya. Untuk tampilan ikon dan widget pun semuanya hampir sama dengan ciri khas perangkat Android lainnya.
4. Fitur
A. Kamera
SonyXperiaZ_7
Salah satu yang paling ditonjolkan oleh kamera Xperia Z adalah kamera 13MP dengan dukungan Exmor RS sensor yang dibenamkan pada perangkat ini. Ada sebuah fitur menarik yaitu Superior Auto, dimana Anda tidak perlu bingung mencari spot foto yang bagus. Cukup arahkan lensa ke sebuah objek, maka kamera akan otomatis menngambil gambar dari objek tersebut dengan hasil yang terbaik.
SonyXperiaZ_9
Selain itu, kamera Xperia Z juga mampu menangkap 999 gambar dalam 1 menit. Anda hanya perlu menahan tombol capture selama 1 menit dalam mode burst shot maka gambar akan terambil sebanyak 999 kali.

0 comments:

Post a Comment